Rabu, 08 Juni 2011

Rumput Akar Wangi (Polygala paniculata L.)

Anda tahu Gandapura?
Bagi saya nama itu adalah nama yang eksotis sekaligus penuh kenangan. Gandapura adalah nama sebuah tanaman kecil berbunga putih yang tumbuh liar bagai rerumputan. Tahun 2006 seseorang mengenalkannya pada saya pertama kali. Ia mencabut tanaman ini di suatu pagi di antara rumputan lainnya lalu memaksa saya mencium akarnya. Saya kira ia pasti bercanda dan berniat mencandai saya. Saya yakin ia malah akan menculukkan tanaman itu ke hidung saya kalau saya menciumnya, sesuatu yang konyol, namun saya menurutinya. Saya hampir tak percaya, akar tumbuhan kecil itu ternyata beraroma harum melegakan walau sedikit samar. Wajah saya sumringah seperti menemukan sesuatu yang luar biasa.

‘Ini Gandapura.’ katanya.

Ia lalu menjelaskan kalau tanaman itu yang biasa dipakai untuk bahan baku minyak telon. Saya memandangi wajahnya beberapa detik seakan menebak seberapa banyak hal yang ia tahu yang saya tidak tahu sama sekali. Seperti sebuah buku rahasia yang menunggu sebuah kunci untuk membuka.

Saya lalu mencari tahu tanaman apa itu. Yang saya dapati kemudian adalah tumbuhan itu bukan Gandapura karena ia ternyata sungguh berbeda. Ia bernama latin Polygala paniculata L., sebagian menamainya ‘jukut rindik’, sebagian menamainya ‘rumput akar wangi’, yang lain menamainya ‘korejat’, dan selebihnya malah tak menamainya.

Sampai saat ini, kalau saya berjalan sendiri atau bersama orang lain dan kebetulan melihat tanaman itu, maka saya akan mengambilnya dan menyuruh orang yang bersama saya tersebut untuk mencium akarnya. Sesuatu yang sama seperti yang diminta pada saya dulu pertama kali.

Saya mencintai ‘Gandapura’ itu dan malah masih menganggapnya Gandapura, dan saya juga masih mencintai dirinya.


I miss you… always

- Q -
June 04 2011


6 komentar:

  1. i believe the "gandapura" also still loving u...

    BalasHapus
  2. ada bukunya ga?
    yang membahas tanaman ini

    BalasHapus
  3. ada bukunya ga?
    yang membahas tentang tanaman ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agus Alamson, mengenai bukunya belum saya temukan sampai saat ini, tetapi rujukan mengenai Polygala paniculata L. dapat anda temukan dengan mudah di internet hanya dengan mengetikkan Polygala paniculata L. di google maka berbagai bahasan mengenainya akan muncul. Terima kasih sudah berkunjung. :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus