Sabtu, 14 Mei 2011

The Journeys: Destinasi Impian

Jika saya ditanya apa 5 tempat yang paling ingin saya kunjungi di dunia maka saya akan menjawab 1. Makkah, 2. Kepulauan raja Ampat di Papua, 3. Kota Terlarang di china, 4. Petra di Yordania, dan 5. ……, mengapa? Ini alasannya,

1. Makkah, pusat bumi ini selalu membuat saya tertegun. Dalam keyakinan saya anut, ia menempati tempat nomor satu yang paling wajib dikunjungi untuk beribadah jika sudah memiliki kemampuan. Bukit-bukit basalt pembentuk kota itu telah dengan ilmiah menunjukkan ia sebagai batuan paling purba di muka bumi. Dan sebagai pusat kegiatan religi bagi umat Islam, pemerintah Arab Saudi sangat serius menjadikan kota ini sebagai kota yang paling pantas untuk dikunjungi. Pembangunan terus dilakukan mulai dari perluasan Ka’bah hingga pembangunan mega proyek gedung tertinggi di dunia dan jam terbesar di dunia yang menunjukkan kalau Makkah memang menjadi patokan waktu di dunia. Katanya, sekeras apapun hati seseorang, jika ia sampai di Makkah maka hatinya akan mencair dan ia akan menangis mengingat diri, perbuatan dan hal-hal yang takkan bisa dijelaskan antara dirinya dan Tuhan. Dan saya tidak ingin menjadi orang yang keras hati.



2. Kepulauan Raja Ampat di Papua menjadi tujuan yang kedua. Birunya lautan dan hijaunya rimbunan pepohonan di tiap pulaunya seperti berlomba-lomba memukau untuk mata. Raja Ampat seperti potongan surga yang tercerabut dan terlempar ke bumi sebagai hadiah dari Tuhan untuk kita. Saya bahkan rela untuk menginjakkan kaki saya di sana sebentar saja untuk kemudian terhempas kembali ke tempat saya semula. Yang penting saya sudah menginjakkan kaki di sana (tapi jangan lupa ambil foto saya dulu sebagai bukti hehehe…).



3. ‘Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.’ Itu adalah salah satu bunyi hadist Rasul Agung Muhammad SAW, yang mengindikasikan bahwa China benar sebagai tempat yang istimewa. Banyak ilmu dan hal lainnya yang tercipta di China sejak ribuan tahun lalu. Jadi keinginan saya untuk berkunjung ke China dan Kota terlarangnya masuk menjadi destinasi nomor tiga. Selain struktur dan pemandangan yang menakjubkan, saya merasa bahwa ada pecahan aura saya yang tertinggal di negeri bambu ini. Dan keinginan untuk berkunjung ke China semakin menjadi kalau saya membaca kembali komik-komik kungfu kegemaran saya.



4. Petra di Yordania. Bangunan yang terpahat sempura dan detil dari batuan cadas ini menjadi destinasi keempat. Saya penasaran dengan kehalusan pahatan purba dan apa yang akan saya dapati begitu memasuki pintu kuil kuno yang dibangun pada 1200 tahun Sebelum Masehi ini. BBC menempatkannya sebagai satu dari 40 tempat yang harus dikunjungi sebelum mati. Menakjubkan!! Dan yang kelima, yang tidak seharusnya berada di peringkat kelima yang harus saya kunjungi adalah,




5. Rumah, saat ini saya berada jauuuh dari rumah. Tidak perlu panjang lebar, saya sangat merindukan rumah, berjumpa dengan Ibu, dan segala hal di dalamnya. I do miss my home hiks…

Ini bukan essay terbaik saya, namun setidaknya inilah alasan saya kalau ditanya di mana saja tempat yang paling ingin saya kunjungi sebelum mati. Ada donatur??

14 Mei 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar